Memaknai Lima Panca dari Video Tik Tok


Video sudah diedit dan dipotong untuk mempermudah penjelasan video, diambil dari channel Lucu Lucu Video, karya anak LUTHFIJAK.

Video ini menceritakan gabaran politik jaman sekarang. Khusus untuk video ini saya ingin menceritakan politik untuk Provinsi Sumatera Utara. Jumlah orang yang mencalonkan diri untuk cagub dan wacagub sumut ada empat orang, yang berarti juga dua pasangan. Mereka bersaing dengan kerasnya politik orang kita sekarang.

Pada menit 01:10 kita melihat seorang anak yang menghusir bapaknya dari rumah, ini mengingatkan eramas hidup bermartabat. Jika dikatakan si bapak adalah nomor 1 dan si anak nomor 2, yang berarti pasangan Eramas dan Djoss. Video 01:10 sampai menit 01:50 seluruhnya mengambarkan Eramas dan Djoss sama saja dan sama kuat, yang penting programnya yang terus berjalan. Artinya semoga yang terpilih kemudian adalah yang terbaik dan program-program pemerintah dari atas kebawah dan dari bawah ke atas, dapat berjalan dengan baik dan bersinergi.

Pada menit 04:10 kita melihat masyarakat (anak muda) yang memakai jaket Global Polling yang artinya pemilihan umum. Karena sikawan goyang dengan tiga jari yang mengartikan pasangan yang didiskualifikasi, sehingga dia bilang "apa mata loe minus". Pada menit 04:56 sikawan mengajak goyang dua jari ternyata sikawan sudah tidak mau lagi, karena yang dia inginkan adalah goyang lima jari. Artinya bukan memilih pasangan nomor dua, tetapi memilih lima panca yang artinya juga Pancasila.

Ingat iyah bapak politik, biar tik-tok itu asyik harus tetap fukus dan hati-hati dijalan, jangan sampai seperti akhir video diatas.

Sekian referensi yang bisa saya berikan semoga bermanfaat!

Sumber artikel: Ricari Sinaga

Sumber Video: www.youtube.com/watch?v=P9DIBWiNxrk&t=2s


Baca di UC Browser/UC News
Previous Post
Next Post

0 komentar: