Legalitas dan Kejahatan Cryptocurrency di Dunia

Legalitas dan Kejahatan Cryptocurrency di Dunia
Status hukum cryptocurrency paling bervariasi dari satu negara ke negara beda dan beberapa bahkan masih belum terdefinisi atau berubah di tidak sedikit negara. Sementara sejumlah negara sudah secara gamblang mengizinkan pemakaian dan memperdagangkan cryptocurrency, yang beda telah tidak mengizinkan atau membatasinya. Demikian juga, sekian banyak  instansi pemerintah, departemen, dan pengadilan sudah mengklasifikasikan bitcoin secara berbeda. Bank Sentral China tidak mengizinkan penanganan / pemakaian bitcoin oleh institusi finansial di China pada masa adopsi yang paling cepat di mula tahun 2014. Di Rusia, meskipun cryptocurrency ialah legal, namun ilegal untuk melakukan pembelian barang dengan mata uang beda di samping Rubel Rusia.

Pada tanggal 25 Maret 2014, United States Internal Revenue Service (IRS) menyimpulkan bahwa bitcoin bakal diperlakukan sebagai properti untuk destinasi pajak sangat bertolak belakang dibandingkan dengan mata duit lainnya. Ini berarti bitcoin bakal dikenai pajak capital gain. Salah satu guna dari keputusan ini ialah mengklarifikasi legalitas bitcoin. Investor tidak butuh lagi cemas bahwa investasi atau deviden dari bitcoin ialah ilegal atau bagaimana melaporkannya ke IRS. Dalam suatu makalah yang diterbitkan oleh semua periset dari Oxford dan Warwick, ditunjukkan bahwa bitcoin memiliki sejumlah karakteristik yang serupa dengan pasar logam mulia daripada mata duit tradisional, sampai-sampai sesuai dengan keputusan IRS meskipun menurut dalil yang berbeda.

Beberapa permasalahan hukum tidak hanya bersangkutan dengan pemerintah pun muncul guna cryptocurrency. Coinye ialah altcoin yang dipakai oleh rapper Kanye West sebagai logo tanpa izin. Setelah mendengar pembebasan Coinye, yang semula mempunyai nama Coinye West, pengacara Kanye West mengirim surat guna berhenti ke operator email Coinye, David P. McEnery Jr. Surat tersebut mengaku bahwa Coinye ialah pelanggar brand  dagang yang disengaja, kompetisi tidak sehat, cyberpiracy, dan mengerjakan dilusi dan diinstruksikan Coinye guna berhenti menggunakan kesamaan dan nama Kanye West.

Kekhawatiran Ekonomi Global yang Tidak Diatur

Seiring semakin populernya dan permintaan akan eskalasi mata duit online semenjak dimulainya bitcoin di tahun 2009, di iringi dengan semakin bertambahnya kekhawatiran bahwa ekonomi global yang sifatnya person-to-person dan tidak ditata yang ditawarkan oleh cryptocurrency bisa menjadi ancaman untuk masyarakat. Disamping itu, terdapat kekhawatiran yang spektakuler bahwa altcoin dapat menjadi alat guna penjahat web anonim.

Jaringan cryptocurrency telah menunjukkan kurangnya / ketidak mampuan ketentuan yang pada kesudahannya menarik tidak sedikit pemakai untuk menggali pertukaran dan pemakaian mata dana yang terdesentralisasi. Di samping itu, ketidak mampuan ketentuan tersebut menjadi kritik utama sebab berpotensi menimbulkan durjana yang berjuang menghindari pajak dan membasuh uang.

Transaksi yang terjadi melewati pemakaian dan pertukaran altcoin lepas dari sistem formal di perbankan, dan oleh karenanya bisa dengan mudah dipakai untuk menghindari pajak untuk seseorang. Karena mencatatan penghasilan terkena pajak didasarkan pada apa yang diadukan oleh penerima untuk layanan pajak, maka bakal akan menjadi paling sulit untuk memperhitungkan transaksi yang dilaksanakan jika transaksinya memakai cryptocurrency, sebab teknik pertukaran yang rumit (dan dalam sejumlah kasus tidak mungkin) dilacak.

Sistem anonimous yang ditawarkan oleh banyak sekali cryptocurrency pun dapat bermanfaat sebagai sarana yang paling sederhana guna pencucian uang. Daripada mengalirkan uang melewati jaring yang rumit dari pelaku finansial dan tabungan bank di luar negeri, pencucian uang melewati altcoins yang sedang di luar institusi finansial dapat dijangkau melalui transaksi secara anonimous. Layanan pencucian uang telah ada guna cryptocurrency guna melayani mata duit bitcoin, di mana sejumlah sumber bitcoin dibaur untuk mengaburkan hubungan antara alamat input dan output.


Penangkapan

Telah terjadi sejumlah penangkapan di Amerika Serikat berhubungan dengan cryptocurrency. Sebuah permasalahan yang mencolok ialah penangkapan Charlie Shrem, CEO BitInstant. BitInstant ialah layanan yang memungkinkan pelanggan dengan cepat dan gampang mentransfer dana ke 'wallet' online pelanggan tanpa penundaan. Tapi pada bulan Juli 2013, BitInstant menghentikan layanan dengan dalil untuk membetulkan code sampai-sampai sekitar 17,300 pelanggan komplain. Akhirnya BitInstant menghentikan layanan, dan Charlie Sherm di bekuk pada tanggal 27 Januari 2014.

Alexander Vinnik dari Rusia di bekuk di Yunani pada bulan Juli 2017. Vinnik dicerminkan oleh departemen kehakiman Amerika Serikat sebagai operator BTC-e, exchange yang dipakai untuk perniagaan bitcoin semenjak 2011, yang diperkirakan digunakan untuk membasuh lebih dari $4 miliar guna orang-orang yang tercebur dalam durjana mulai dari hacking komputer sampai perniagaan narkoba. Pihak berwenang AS pun menghubungkannya dengan kebangkrutan Mt Gox, exchange bitcoin berbasis di Jepang yang ambruk pada 2014 sesudah di hack. Vinnik "memperoleh" dana dari hack Mt Gox dan membasuh mereka melewati BTC-e dan Tradehill, bursa beda yang berbasis di San Francisco yang dimilikinya, kata mereka dalam pengakuan tersebut.

Otoritas Pengawasan Sistem Keuangan Bolivia (ASFI) menyangga 60 "promotor cryptocurrecy" pada bulan Mei 2017. Berdasarkan keterangan dari sebuah pengakuan yang diterbitkan oleh ASFI, yang mengacu pada bitcoin dan sejumlah altcoin, semua tahanan tersebut mengerjakan "kegiatan pelatihan" yang sehubungan dengan investasi yang mempunyai "karakteristik skema multilevel". ASFI pun mengindikasikan bahwa mereka bakal melacak penduduk Bolivia yang mengerjakan promosi Bitcoin secara online. Perlu disalin bahwa Bolivia ialah negara kesatu di dunia yang sepenuhnya tidak mengizinkan pemakaian "jenis mata duit apapun yang tidak dikeluarkan dan dikendalikan oleh pemerintah atau entitas yang berwenang."

Di bulan Februari 2017, pihak berwenang Venezuela menyangga delapan Bitcoin miner. Di samping itu, bursa utama Venezuela - Surbitcoin - dihentikan operasikan, dan akun bank perusahaan mereka ditutup.


Penipuan / Fraud

Pada tanggal 6 Agustus 2013, Hakim Amos Mazzant dari pengadilan federal Distrik Texas memutuskan bahwa sebab cryptocurrency (secara tegas dinamakan bitcoin) dapat dipakai sebagai duit (dapat dipakai untuk melakukan pembelian barang dan jasa, membayar ongkos hidup individu, dan bertukar dengan mata duit konvensional), maka bitcoin ialah mata duit atau format lain dari uang. Keputusan ini mengijinkan Securities and Exchange Commission (SEC) di Amerika Serikat guna mempunyai yurisdiksi atas permasalahan penipuan sekuritas yang melibatkan cryptocurrency.

Pada bulan Februari 2014, cryptocurrency menjadi berita utama nasional di Amerika Serikat sebab exchange bitcoin terbesar di dunia, Mt. Gox, mengaku kebangkrutan. Perusahaan tersebut mengaku telah kehilangan nyaris $473 juta bitcoin pelanggan mereka sebab pencurian. Ini setara dengan selama 750.000 bitcoin, atau selama 7% dari seluruh bitcoin yang ada. Karena krisis ini, antara lain sebab pemberitaan, harga bitcoin turun dari level tertinggi selama $1.160 di bulan Desember 2013 menjadi di bawah $400 di bulan Februari 2014. Pada ketika tulisan ini ditulis, Agustus 2017, harga bitcoin sedang naik terus di atas $4200.

Pada tanggal 31 Maret 2015, dua mantan agen dari Drug Enforcement Administration (DEA) dan US Secret Service dikenai dakwaan penipuan pentransferan uang, pencucian duit dan pelanggaran lainnya karena diperkirakan mencuri bitcoin selama investigasi federal terhadap Silk Road, suatu pasar gelap bawah tanah ilegal yang diblokir oleh Jaksa pada tahun 2013

Pada tanggal 1 Desember 2015, empunya situs GAW Miners yang kini sudah tidak bermanfaat dituduh mengerjakan penipuan sekuritas sesudah pengembangan cryptocurrency yang dikenal dengan Paycoin. Dia dituduh mendalangi skema penipuan yang rumit dengan kedok "cloud mining" dengan perlengkapan mining yang sedang di data center. Dia mengenalkan cloud miner yang dikenal sebagai "hashlets" guna me-mining cryptocurrency di lingkungan Zenportal "cloud" sebenarnya sebenarnya tidak terdapat mining yang secara aktif menambang cryptocurrency. Zenportal mempunyai lebih dari 10.000 pemakai yang telah melakukan pembelian hashlets dengan total lebih dari US$ 19 juta.

Pada tanggal 24 Agustus 2016, seorang hakim federal di Florida menyimpulkan gugatan class action terhadap cryptocurrency exchange Cryptsy dan empunya Cryptsy. Dia dituduh menyalahgunakan jutaan dolar deposito pemakai, menghancurkan bukti, dan dipercayai telah melarikan diri ke China.

Darknet market

Cryptocurrency juga dipakai dalam setting kontroversial dalam format pasar gelap online, laksana Silk Road. Silk Road yang asli diblokir pada bulan Oktober 2013 dan terdapat dua versi lagi yang dipakai sejak ketika itu; Versi yang ketika ini digunakan ialah Silk Road 3.0. Format Silk Road yang berhasil telah tidak sedikit digunakan di pasar gelap online, yang telah mengakibatkan desentralisasi pasar gelap online berikutnya. Pada tahun sesudah penutupan mula Silk Road, jumlah pasar gelap yang menonjol bertambah dari empat menjadi dua belas, sedangkan jumlah susunan obat terlarang bertambah dari 18.000 menjadi 32.000.

Pasar Darknet menunjukkan perkembangan kendala terhadap legalitas. Bitcoin dan berbagai format cryptocurrency yang dipakai di pasar gelap tidak diklasifikasikan secara jelas dan legal di nyaris seluruh belahan dunia. Di Amerika Serikat, bitcoin diberi label sebagai "aset virtual". Jenis klasifikasi ambigu ini memberi desakan pada badan penegak hukum di semua dunia guna menyesuaikan diri dengan perniagaan obat terlarang di pasar gelap.

Karena mayoritas pasar gelap beroperasi melewati Tor, mereka bisa ditemukan dengan relatif gampang di Internet publik. Ini berarti alamat mereka bisa ditemukan, begitu pun ulasan pelanggan dan forum tersingkap yang sehubungan dengan obat-obatan yang dipasarkan di pasaran, semuanya tanpa beban yang bakal memberatkan user dalam format apa pun. Anonimitas semacam ini memungkinkan pemakai di kedua sisi pasar gelap guna menghindari cakupan penegak hukum. Hasilnya ialah bahwa penegakan hukum mesti mengerjakan operasi guna mematikan pasar dan pengedar narkoba satu per satu untuk meminimalisir pasokan. Namun, dealer dan pemasok bisa tetap selangkah lebih maju dari penegak hukum, yang lumayan kesulitan untuk mengekor pesatnya pertumbuhan pasar pasar gelap yang anonim.

Cara Memproteksi Diri Sendiri

Seperti skema penipuan cepat kaya lainnya, penipuan bitcoin berkembang sebab mudahnya korban tertipu. Hanya sebab bitcoin ialah mata duit digital tidak berarti kamu bisa menemukan kekayaan dengan cepat. Berikut ialah beberapa peringatan yang butuh di renungkan,


  1. Jangan meyakini siapapun yang mengklaim bahwa mereka bakal memberi kamu atau membantu kamu menambang bitcoin. Sekali lagi, cryptocurrency menjadiberharga oleh penjahat dunia maya karena dalil tertentu, dan durjana bersangkutan bitcoin terus merajalela di media sosial dan drainase digital lainnya.
  2. Hindari URL yang berhubungan dengan iklan, profil di media sosial yang menawarkan bitcoin yang too-good-to-be-true, terlalu gampang kelihatan / mustahil guna dilakukan.
  3. Waspadalah ketika terlibat dengan akun media sosial pialang bitcoin yang sah atau platform perniagaan dari bitcoin, sebab mereka tidak jarang menjadi korban peniruan / impersonation yang paling meyakinkan.
  4. Jangan pernah tercebur dalam transaksi keuangan, bitcoin atau lainnya, melewati pesan langsung (Direct Message / DM) di jejaring sosial.
Previous Post
Next Post