Mengatasi Virus Tanpa Aplikasi ( menggunakan MS DOS )

Sekarang ini banyak sekali  anti virus yang beredar dari yang shareware saampai yang freeware.
Anti virus ini, dibuat untuk memproteksi data pada komputer kita agar tidak dirusak dengan virus-virus konyol.
ada banyak sekali virus yang beredar, dari lokal maupun virus yang datang dari luar negeri-pun bisa sampai ke kota kita tercinta. Virus komputer banyak beredar melalui Email dan Web-web yang mengandung script malware.Secara definitif jika kita membicarakan kode jahat istilah yang digunakan adalah malware (malicious software / software jahat / kode jahat). Karena malware adalah kode jahat, maka ia mencakup worm, trojan, virus, spyware / adware, rootkit, bots, exploit, backdoor dan lainnya.

sekian dulu mengenai pengenalan virus sobat tercinta, mari kita bahas mengenai cara masuknya virus kecomputer kita.

Pada dasarnya virus itu adalah aplikasi biasa sama halnya dengan aplikasi yang kita gunakan sehari-hari, bedanya virus ini khusus dirancang untuk tujuan tertentu yang pasti untuk merugikan para pengguna komputer.
Tips agar kita tidak terkena virus, sebenarnya cukup tidak download sembarang file di internet apalagi didapaat dari web-web orang yang katanya pnya aplikasi yang bisa menguntungkan kita.
sebaikmya perhatikan file yang berformat .RAR .ZIP atau sejenisnya kenapa? soalnya file ini sengaja dibuat untuk mengamankan virus dari anti virus yang udah terinstal dikomputer. Ketika kita sendiri yang mengeksekusi file itu antivirus akan menganggap bahwa user sudah mengijinkan file itu dieksekusi walaupun sebenarnya ia mengandung malware. yang kedua perhatikan file yang ada dalam file konpres itu jika berekstensi .EXE .BAT, .VBS, INF, PIP, Atau file-file yang menurut kamu mencurigakan. Yang ketiga gunakan aplikasi Deepfreeze jika kamu ingin mencoba-coba, nanti jika file itu benar virus kamu hanya tinggal restrat untuk memulihkan kembali komputer kamu kembali kesemula.
berikut ringkasan dati Tips diatas :
  • Berhati-hatilah dalam mengunjungi sebuah web diinternet
  • Virus juga banyak masuk  lewat emal, kenalilah file yang akan kamu download sebelum didownload dan diinstal
  • Gunakannlah aplikasi tambahan untuk melindungi komputerr kamu, seperti anti virus dan Deep Freeze
namun mengingat antivirus kebanyakan adalah shareware ( percobaan 30 hari selebihnya beli dulu baru bisa pake ). Saya ingin mengajak anda untuk mengatasi virus tanpa aplikasi, sederhana dan tidak perlu menulis dan mengingat banyak tulisan disini, di copy saja.

 Menghapus Virus Shortcut

Caranya :
1. Buka RUN ( Tekan Logo WINdows + R )
2. Ketikan CMD atau Command lalu Enter
3. Ketikan Drive Flash kamu misanya removable ( F:). maka ketikan F:  lalu enter
3. masih dihalaman CMD ketikan Attrib -s -r -h /d /s  *.* ( gunakan saja attrib -s -h -r *.*) ->enter
4. Lihat isiflashdiskamu pasti sudah muncul semua yang berformat Super Hidden tinggal kamu hapus saja yang berektensi .INK atau shorcut tadi
5. Jika masih mengulang karena ada autorun.inf saya kasih Tips lagi :
    a. Setelah langkah diatas copy semua file kamu anggap penting
    b. Setelah itu format flashdiskamu dari Ms.DOS atau CMD itu, kenapa? karena memFormat hardisk dar           Windows tidak menghapus keseluuruhan dari file kamu melainkan diarsipkan kesuatu tempat di  
         flashdisk kamu.
   c. Ketikan ini di CMD : Format F: ->enter ( windows tidak dapat memformat dirinya sendiri, jadi saat memformat drive lebih baik berpindah ke drive lain dulu musalnya C:\ )

Mengapus Virus Batch File

Biasanya programmer juga sering iseng dengan batch file ini
jadi kita bisa mengatasnya lewat script dibawah ini :

  • Buka Notepat lalu ketikan text dibawah ini
  • FOR /R "D:\" /D %%a in (*) do del %0 "%%~fa\%%~nxa.bat

  • Maksudnya adalah untuk menghapus file yang berada di Drive D:\ yang berekstesnsi BAT dalam setiap folder
  • kemudian save dengan nama "antivurs.BAT" tanpa tanda kutip ( janggan lupa gandi type File yang berada dibawah Name file menjadi "All Files"
  • eksekusi file tersebut


Previous Post
Next Post

0 komentar: